Friday, April 10, 2009

Ketakutan akibat Bilirubin,Gagal Deh Asi Eksklusif:(

Kenapa yach,apa yang kita rencanakan dan kita harapkan terkadang tidak tercapai sesuai dengan yang kita inginkan :)


Waktu Anak pertama(Lahiran Kaka Becca) mama pengen nya lahiran normal dan memberikan Asi ekslusif buat kaka,tapi apa yang terjadi...sudah melewati beberapa tahap persalinan normal ternyata kudu di operasi :(, ini sempet membuat mama kecewa dan seminggu merasa tidak kuat menjadi perempuan untuk menahan sakit melahirkan...(tapi itu sudah berlalu)

Tapi kaka berhasil mendapat kan ASi ekslusifnya :)

Asi ekslusif itukan bukan hanya pemberian Asi selama 6 bulan saja:),tapi asi eksulisif itu menurut pakarnya,tidak ada sama sekali cairan apa pun masuk kedalam mulut bayi,baik itu air putih,air gula apalagi susu formula...walaupun pemberian nya hanya sedikit saja....

Anak ke -2,berbekal sudah pengalaman...asi pasti keluar dan banyak :),niat harus,kudu hanya pake Asi saja,tiada yang lain....

sudah terpatri di pikiran hati dan jiwa bahkan niat ampe 2 Tahun (karena blum ada program lagi untuk hamil :) )
Ehmm...Baru hari pertama saja,Ade Rere harus di foto terapi karena bilirubin nya 7.7...padahal ngak tinggi" amat yach..:)

Menurut DSA, ade normalnya di bawah 4,takut tambah tinggi...

Karena kalau di fototerapi anak nanti cepat haus,sementara ASI mama belum keluar sama sekali...karena menurut pengalaman dari kaka Becca Asi mama keluar banyak hari ke -3,masa iyah Ade Rere kalau kehausan akibat ke panasan ngak di kasih Minum...kan kasihan :( (padahal bayi baru lahir itu kuat lho 2 X 24 jam tampa cairan apapun,sambil menunggu asi ibu keluar)

Tapi apa daya,kasus begini mama belum pernah tanya ama pakar nya ASI neh:(

Sesuai petunjuk Dokter n suster,akhirnya Ade di kasih SUFOR,huhhhuuuu...ngak sesuai hati nurani neh...bolak-balik mama ke ruangan bayi,untuk bilang sama suster..entar kalu Asi saya keluar SUFORnya di buang ajah yah??? hahaha...saya mau kasi ASI saya ajah..(Bukan nya ASI terbaik untuk bayi :) bgtu iklan-iklan nya hahah)

Puji Tuhan, ngak sampai 2 hari,ASI mama da keluar tengah malam...langsung mondar-mandir lagi ke ruang bayi,untuk menekankan..ngak usah pake Sufor lagi,dan bilang ke suster ,mama siap di panggil ke ruang bayi kalau ade haus walaupun tengah malam sekalipun..hhihihi..(tapi tetep ajah ADE udah ngak ASI ekslusif,karena sebelumnya udah di cekokin Sufor 60 ml hehehe)

setelah di fototerapi,ternyata bilirubin Ade hanya turun menjadi 7.4 ajah,wah karena cuma turun dikit.kudu di terapi lagi neh..alhasil selama di Rs Ade Rere bobo nya di box foto terapi deh..sampai saatnya pulang bilirubin Ade mencapai 7..Normaaaal kata dok :)

Sesampai di rumah kita galakan lagi..hanya ASI saja..No Sufor...malah lagi nyari" orang siapa tahu ada yang butuh Sufor bekas Rere yang dari Rs...

Seminggu kemudian,Ade Rere harus cek Bilirubin totalnya lagi..betapa kagetnya PaPa n MaMa :(...Bilirubin Ade Rere mencapai 13 :(..normalnya kan di bawah 12 :(

Udah deh...Panik...Om Dokter juga binggung ..(tapi bentar ajah binun nya)...cek..cek...cek..

OOOOalllah...ibunya darahnya O yah????..ehmmm..

DSA : " Bu,ngak perlu dirawat kok, kalau sudah 15 baru kita rawat,ada kemungkinan alergi ASI,karena darah Rere kan B ibu O..karena perbedaan gol darah.....Jadi.....Di selingin ama Sufor ya..abis ASI,baru kasi SUFOR..entar kita liat minggu depan cek lagi..

MaMa :(ngotot)" kok bisa seh..bukan ASI terbaik untuk bayi!!! sempet emosi...(tapi karena DSA nya ampe buka contekan seminarnya gtu mama jd percaya hahaha)

Alhasil..selama seminggu kita semua Dag..dig..dug..dag..dig dung...

Mencari" tahu dari segala penjuru..apa itu bilirubin????Kenapa ASI meningkatkan kadar bilirubin???'apa dampak kalau bilirubin semakin tinggi terhadap anak????apakah masalah jika ibu mempunyai Gol darah O dengan Ayah yg mempunyai gol darah A atau B

Jawabannya ada di dunia maya semuuuuaaaa..haha..liat" blog temen" yang pernah mengalamin kejadian yang sama...

Ini jawaban hasil dari tanya" dan pengalaman beberapa orang :

Kenapa Asi meningkatkan kadar bilirubin???
Jawab
Karena kalau di bandingin SUFOR ,kandungan lemak pada ASI lebih sedikit dan ASI mudah terserap,sementara kadar bilirubin kudu di keluarkan melalui kotaran ade
(kebayang,cerita seorang ibu,ASI nya berlimpah" sampai menetes" sementara dia tidak diperbolehkan memberikan ASI pada anaknya karena Kadar Bilirubin nya mencapai 19,informasi ini mama dapat dari teman mama sendiri)

Apa dampak kalau Bilirubin semakin tinggi???
Jawab..
Bisa merusak sel-sel otak,akibatnya bisa cacat :( OMG Tolonglah...

Apakah masalah jika si papa darah B,si mama darah O ???
Jawab
Pada kelahiran pertama,tidak ada masalah,contohnya kaka Becca,normal" ajah...tapi kalau anak ke-2 dst..kudu hati" kejadian sama akan mungkin terjadi..karena waktu anak pertama tubuh mama belum membentuk anti bodi..tapi untuk anak ke-2 sudah terbentuk anti bodi...

Ya..niat mama,ade kudu dapat asi fulll juga dong...entar kalau sudah sebulan mama mau berhentiiin deh SUFOR nya..kan udah aman...Kan sayaaaaang Deeee ASI dikulkas dianggurin :)


Hidup ASI :)

2 komentar:

Mama Di Sini said...

Nggak usah berpatokan pada ASI eksklusif atau nggak eksklusif lah. ASI memang yang terbaik. Berikan ASI sebanyak mungkin, sesering mungkin. Kalau stress dengan obsesi ASI eksklusif, nanti malah ASInya keluar sedikit. Banyak makan makanan yang bergizi yah... good luck !

1mel said...

tks infonya. berguna banget nih

Post a Comment